Cara Menyelamatkan File MS Word 2010 Yang Belum Sempat Tersimpan

Cara Menyelamatkan File MS Word 2010 Yang Belum Sempat Tersimpan
Cara Menyelamatkan File MS Word 2010 Yang Belum Sempat Tersimpan - Salah satu hal yang paling menjengkelkan di dunia ini adalah ketika kita sudah mengetik berjam-jam pada MS Word 2010, menghasilkan banyak halaman, lupa menyimpan, lalu listrik padam, dan komputer pun ikut mati. Atau ketika kita sudah mengetik lalu secara tidak sengaja kita klik tombol close dan ketika dihadapkan dengan pilihan Save - Don't Save - Cancel secara tidak sengaja kita pilih Don't Save. Itulah dua hal yang sering dialami oleh rekan-rekan kerja saya. Mereka merasa pusing bukan kepalang karena merasa telah kehilangan file yang telah susah payah mereka ketik.

Hal tersebut sebenarnya bisa kita hindari dengan menggunakan fasilitas Auto Recover pada MS Word 2010. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengatur settingan Auto Recover pada MS Word 2010.
Kadang tidak kita sadari bahwa ketika kita sedang mengetik, setiap beberapa menit sekali MS Word telah menyimpan hasil ketikan kita secara otomatis meskipun kita belum menyimpannya. Berikut ini adalah langkah mengatur settingan Auto Recovery :
  1. Buka MS Word 2010
  2. Klik File
  3. Pilih "Options" pada panel di sebelah kiri
  4. Pilih menu "Save" pada jendela Word Options
Setelah kita melakukan langkah di atas, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini :

Cara Menyelamatkan File MS Word 2010 Yang Belum Sempat Tersimpan
Melalui tampilan seperti pada gambar di atas, kita dapat mengatur sendiri waktu simpan otomatis yang akan dilakukan oleh MS Word 2012. Pada contoh, SaveAutorecover Information diisi dengan angka 5 yang artinya setiap 5 menit MS Word akan menyimpan file Anda.
Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang kita anggap hilang tadi? sangat mudah...
  • Buka MS Word 2010
  • Klik File
  • Pilih "Recover Unsaved Documents" seperti pada gambar berikut ini
Cara Menyelamatkan File MS Word 2010 Yang Belum Sempat Tersimpan
  • Selanjutnya beberapa file yang sudah disimpan secara otomatis oleh MS Word akan dimunculkan, kita pilih salah satunya, lalu klik "Open"
Cara Menyelamatkan File MS Word 2010 Yang Belum Sempat Tersimpan
  • File yang kita harapkan pun akhirnya akan muncul. Selanjutnya adalah kesempatan Anda untuk menyimpan file tersebut sebelum listrik kembali padam...hehe...cukup kita klik tombol Save As seperti pada gambar berikut ini.
Cara Menyelamatkan File MS Word 2010 Yang Belum Sempat Tersimpan
  • Ingat, jika waktu Auto Recover yang kita setting adalah 5 menit, maka jika kita baru saja membuat file, lalu belum ada 5 menit sudah terjadi pemadaman listrik, maka bisa jadi file yang kita buat tidak akan dapat kita kembalikan.
Demikian artikel Cara Menyelamatkan File MS Word 2010 Yang Belum Sempat Tersimpan ini saya buat, semoga bisa bermanfaat.

Baca juga artikel sebelumnya Menggunakan Conditional Formating pada Excel 2007

48 comments:

  1. mksh gan, infonya sangat berguna sekaligus memudahkan pekerjaan saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sama2 gan, terimakasih sudah berkunjung.... :)

      Delete
  2. Info yg sgt berguna bila Word tiba2 close w/o save. So scaryy . Haha. Btw, terima kasih.

    ReplyDelete
  3. terimakasih syekali infonyaaa..
    baru aja nggak sengaja ke close ketikan yang telah berjam jam dibuat T_T
    untung nemu blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan sama-sama....terimakasih telah berkunjung, senang bisa membantu

      Delete
  4. Terima Kasih banyak Gan... Unting ada info dari blog ini.. ^^

    ReplyDelete
  5. makasih, membantu banget lhoo blog nya..
    saya sudah frustasi ketika tau salah dont save, ternyata bisa dikembalikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu, terimakasih atas kunjungannya....

      Delete
  6. Gann kalo tetep gaada di file di unsaved files itu gmna dong?��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan belum tersimpan di auto recovernya gan

      Delete
    2. terus solusinya gimana kalo spt itu gan? punya saya begitu juga gan..

      Delete
    3. Maaf kalau kasus seperti itu saya belum menemukan solusinya

      Delete
  7. Thanks gan sangat membantu , data penting banget untung ketemu lagi
    thanks dah pokoknya 👍

    ReplyDelete
  8. Kak saya mau nanya , kalo saya lupa tadi udah save apa belum , tapi saya udah coba cari ditempat yang belum ke save , tidak ada dile apa* disana , gimana cara balikin word yang saya ketik tadi ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum ada file apa2, kemungkinan memang belum terautorecovery, jadi kemungkinan tidak bisa dibuka lagi

      Delete
  9. Gan ini gimana kok no items match your search yah:"( astaga ngetik smp jam 3 pagi padahal hiks
    Punya saya word 2013 sih. Caranya sama kan? Cuma ya itu gaada filenyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba liat di File - Info - Versions - when I closed without saving.
      Q jg gtu soale di folder gk ada, nemunya di Versions

      Delete
    2. terimakasih sudah dibantu jawab gan

      Delete
  10. Sayang ketikanku kosong filenya, padahal saya sdh ketik, apa mungkin gara2 diatas 5 mnt

    ReplyDelete
  11. Sayang ketikanku kosong filenya, padahal saya sdh ketik, apa mungkin gara2 diatas 5 mnt

    ReplyDelete
  12. Mksih untuk infonya.
    Sngat berguna dan membantu saya.
    Saya hampir putus asa.
    Pasal nya ini proposal skripsi saya.

    ReplyDelete
  13. terimakasihh.. sangat membantu

    ReplyDelete
  14. Thanks banget sya kaget salah tekan 😅

    ReplyDelete
  15. Terima kasih. Hampir nangis Kehilangan file penting. Benar-benar bermanfaat

    ReplyDelete
  16. Terima kasih. Hampir nangis Kehilangan file penting. Benar-benar bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Misal saya lupa save data saya trs langsung saya off keesokan harinya apa masih bisa di cek? Mohon infonya. Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama itu sudah ter-autorecover masih bisa gan

      Delete
  18. Replies
    1. Bisa jadi komputer belum sempat meng-autorecover

      Delete
  19. Klau punya ku loadingnya lama, apa karna faktor filenya yg berat yah?

    ReplyDelete
  20. Info yang bermanfaat, hampir gagal ngasih curhatan dari ketikkan ku untuk guru bk wkwk

    ReplyDelete
  21. thx gan... sdh ngetik 4 jam, sdh di save tp file nya gk ada... untung nemu tulisan ente gan.. thx banget ya gan

    ReplyDelete
  22. Terima kasih telah berbagi ilmu semoga sukses slalu...

    ReplyDelete
  23. Hallo bg, saya udh ikuti penjelasan abg, tapi kok di unsaved files ga ada... Itu knp ya bg? Mohon bantabantu bg, itu skrips saya

    ReplyDelete
  24. Makasii banyakkk ini sangat membantuuu

    ReplyDelete